Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar, Orang Tua Harus Jadi Panutan


Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar, Orang Tua Harus Jadi Panutan

Memang bukan hal mudah menerapkan cara mendidik anak yang malas belajar, apalagi jika orang tua tidak memperlihatkan sikap yang tepat untuk melakukannya. Alhasil, anak akan terjebak pada kebiasaan belajar yang tidak kondusif dan berujung pada nilai pelajaran di sekolah yang tidak memuaskan.

Pastinya Ibu tidak ingin itu terjadi bukan? Makanya coba cek, apakah Anda sudah melakukan beberapa hal di bawah atau belum!

6 Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar

Menjadi rule model yang baik bagi anak, bisa dilakukan dengan mudah. Tapi, memang perlu konsisten dalam melakukannya apalagi jika berhubungan pada cara mendidik anak. Mulailah dengan enam cara berikut, jika berhasil maka selain rajin belajar si kecil juga punya karakter yang menakjubkan saat besar nanti.

  • Disiplin Jam Belajar

Mengajarkan disiplin adalah hal utama dalam hidup, termasuk soal belajar. Buatlah anak lebih disiplin dengan jam belajarnya di rumah dan pastikan untuk mengikuti jam belajar sesuai jadwal yang sudah dibuat.

Orang tua, harus mulai menerapkan disiplin juga, mulai dari hal kecil yaitu jam tidur dan jam bangun hingga semua hal di rumah yang benar-benar dibuat tepat waktu. Percayakah, ketika ini diterapkan anak akan terbiasa disiplin saat belajar.

  • Apa Minat Si Kecil

Ibu juga perlu mengetahui minat si kecil soal pelajaran, sebagai panutan juga harus memperlihatkan hobi dan dampak minat ibu saat kecil pada kondisi ketika sudah dewasa saat ini. Sehingga Anda bisa paham apa yang disebut minat, dampaknya bagi kehidupan si anak.

Contohnya, anak yang suka pelajaran matematika maka arahkan untuk menekuni pelajaran tersebut.

  • Ajak Diskusi

Terbiasa diskusi tentang apa saja, akan membuat anak jadi lebih terbuka dalam mengeluarkan pendapat termasuk saat belajar. Diskusikanlah dengan anak, apa yang akan dipelajari dan apa kendala yang dihadapinya. Jadi, dapat dicarikan solusi jika memang ada masalah.

Nanti, ketika hasil diskusi tersebut membuahkan nilai pelajaran di sekolah yang membaik maka anak akan paham bahwa diskusi dengan orang tua itu penting.

  • No Gadget

Ketika ibu melarang anak bermain HP dan gadget saat jadwal belajar, maka pastikan juga ibu tidak melakukan hal tersebut di hadapan mereka. Jangan membuat pernyataan “Yang belajar kan kamu, bukan ibu!” karena itu hanya akan menanamkan sikap egois pada anak. Sehingga, suatu saat dia akan menggunakan kalimat tersebut kepada Anda.

  • Jauhkan TV

Anak belajar sementara ibu nonton drama Korea di televisi, jangan lagi lakukan itu. Anda harus menghargai jam belajarnya dan fokus mendampinginya. Sikap ini akan menjadi panutan positif bagi anak., selain belajar jadi tidak malas, anak juga menanamkan rasa menghargai orang lain dalam hidupnya.

Itulah enam cara mendidik anak yang malas belajar, dengan menjadikan figur orang tua sebagai panutannya. Percaya atau tidak, dari hal positif kecil yang diterapkan orang tua saat proses belajar di rumah akan berdampak signifikan pada otak anak dan keinginannya untuk belajar lebih giat.