5 Tips Menentukan Pilihan Produk untuk Kulit Sensitif Bayi


5 Tips Menentukan Pilihan Produk untuk Kulit Sensitif Bayi

Kulit sensitif bayi membutuhkan perawatan yang tepat karena sangat rentan mengalami iritasi. Iritasi pada kulit bayi tidak hanya berpotensi menyebabkan luka namun juga bisa membuat bayi rewel. Ada banyak toko online yang saat ini jual Cetaphil Baby sebagai salah satu produk pilihan untuk merawat kulit sensitif si kecil.

Memilih Produk Bayi

Ada begitu banyak jenis produk yang cocok untuk merawat kulit sensitif pada bayi. Namun orang tua harus selektif memilih mana produk yang bisa diaplikasikan pada buah hati tersayang. Berikut adalah 5 tips memilih produk perawatan kulit sensitif si kecil.

1.     Periksa Kandungan Produk

Langkah pertama yang bisa dilakukan orang tua adalah memeriksa kandungan produk. Pastikan produk yang akan dipakai bebas kandungan paraben dan phthalate. Dua jenis bahan ini sering digunakan pada produk perawatan kulit namun tidak cocok untuk kulit sensitif bayi. Bahan-bahan tersebut bisa memicu alergi dan akan menimbulkan iritasi yang parah.

Kandungan alkohol pada produk juga harus diperhatikan. Lebih baik gunakan produk perawatan kulit yang bebas alkohol karena kandungan ini dapat memicu munculnya iritasi. Kandungan alkohol biasanya juga ditulis dengan nama yang berbeda-beda. Untuk jenis cetearyl alcohol dan fatty alcohol masih bisa ditoleransi.

2.     Pilih Produk yang Melembabkan

Gunakan produk perawatan kulit yang bisa memberi kelembaban untuk kulit si kecil. Kelembaban ini adalah poin penting yang harus dijaga untuk menghindari iritasi. Jika kelembapan kulit bayi terjaga maka iritasi bisa dihindari. Produk Cetaphil menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memberi kondisi lembab kulit bayi. Banyak toko yang jual Cetaphil dengan berbagai varian khusus untuk perawatan si kecil.

3.     Cek Tanggal Kadaluarsa

Periksa tanggal kadaluarsa produk sebelum menggunakannya. Ini poin yang sangat penting supaya Anda bisa memastikan bahwa produk memang masih layak untuk digunakan. Produk yang sudah lewat tanggal kadaluarsa tentu tidak lagi berkualitas dan justru bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

4.     Hindari Pewangi dan Pewarna

Pada bayi yang baru lahir, kondisi kulitnya masih sangat sensitif. Sangat disarankan untuk memakai produk yang bebas pewangi dan pewarna. Dua bahan ini sangat berpotensi untuk menimbulkan iritasi pada kulit bayi apalagi yang baru lahir.

5.     Pilih Produk Label Hypoallergenic

Sebagai langkah aman, sangat disarankan untuk memilih produk yang disertai label hypoallergenic. Ini menjadi tanda bahwa produk menggunakan formula yang risiko alerginya rendah. Sangat sesuai untuk diaplikasikan pada bayi yang baru lahir dengan kondisi kulit sangat sensitif.

Orang tua wajib teliti sebelum membeli dan memakaikan sebuah produk untuk anak mereka. Pastikan hanya produk-produk kualitas terbaik yang dipercaya untuk menjaga kulit si kecil yang berharga. Saat ini toko perlengkapan bayi online juga lebih mudah dijangkau dan bisa memberikan banyak sekali penawaran jenis produk untuk membantu menjaga kulit bayi tetap sehat terawat.